Mengenali Tanda-Tanda Peringatan STROKE

Apabila seorang Muslim sudah paham tentang ISLAM yang benar, dan menjalankan ISLAM seperti  yang dicontohkan oleh Rasululloh SAW,  maka tidak pantas untuknya mengalami penyakit yang dapat mengganggu aktivitas  dalam beribadah kepada Alloh SWT.  Jika seseorang masih mengalami penyakit yang menyebabkan dia tidak dapat beribadah lagi dengan sempurna, maka kemungkinannya adalah bahwa  seorang hamba ini masih belum benar dalam menjalankan ISLAM.  Sebagai contoh adalah penyakit Stroke.  Jika seorang Muslim mengalami Stroke,  maka sudah pasti bahwa dia tidak akan dapat menjalankan syariat agama dengan sempurna, seperti  Sholat.  Tetapi dalam pengetahuan ini,  hanya akan dibahas  tentang gejala Stroke saja,  supaya seorang Muslim dapat segera melakukan pencegahan sejak dini, apabila gejala Stroke ini mulai timbul.

Menurut survey yang telah dilakukan, ada 5 simpton peringatan Stroke, mereka itu adalah:

(1) Mendadak lemas atau baal pada lengan, tungkai atau wajah, terutama pada satu sisi.
(2) Mendadak bermasalah dengan penglihatan pada satu atau kedua mata.
(3) Mendadak pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, atau sulit jalan.
(4) Mendadak bingung atau sulit bicara.
(5) Mendadak sakit kepala parah tanpa sebab.


Pengetahuan,

Setiap simpton berbeda, tergantung pada apakah Stroke disebabkan gumpalan darah atau pendarahan.  Lokasi gumpalan darah atau pendarahan dan perluasan kerusakan otak, juga dapat mempengaruhi simpton.

Simpton Stroke Ischemic (disebabkan gumpalan darah menyumbat pembuluh darah);  Biasanya terjadi pada sisi tubuh yang berlawanan dari sisi otak, dimana terdapat pembuluh darah.  Contoh adalah Stroke dibelahan kanan otak, akan mempengaruhi bagian kiri tubuh.

Simpton Stroke Hemorrhagic ( disebabkan pendarahan di dalam otak);  menyerupai Stroke Ischemic, tetapi dapay dibedakan dari simpton yang berhubungan dengan tekanan darah lebih tinggi di otak,  terdiri dari sakit kepala parah, mual dan muntah, leher kaku, pusing, kejang, bingung, dan hingga tidak sadarkan diri/ pingsan/ koma.

Simpton Stroke dapat berkembang dalam hitungan hari, jam atau menit.  Contoh:  Rasa lemas ringan dapat berkembang menjadi tidak dapat menggerakkan lengan atau tungkai pada satu sisi tubuh.

Apabila Stroke disebabkan penggumpalan darah (Stroke Ischemic) atau pendarahan (Stroke Hemorrhagic), maka simpton dapat terjadi mendadak dalam hitungan detik.

Apabila Arteri menyempit karena Atherosclerosis yang mengakibatkan penyumbatan Arteri, maka simpton Stroke biasanya berkembang secara perlahan, dari menit ke jam, atau dalam kasus langka yaitu dalam hitungan hari.

Apabila terjadi beberapa Stroke yang lebih kecil dalam waktu tertentu, seorang penderita dapat mengalami perubahan simpton yang lebih perlahan, seperti dalam pola berjalan, keseimbangan, berfikir, atau dalam tingkah laku (multy – interfac demential).

Jadi sebenarnya tidak selalu mudah untuk mengenali simpton Stroke kecil, karena simpton kemungkinan dikacaukan sebagai penuaan (lanjut usia),  atau dikacaukan dengan kondisi lain yang menyebabkan simpton yang sama.

Peringatan,

Mengenali simpton peringatan Stroke secara tepat,  dan segera meminta pertolongan gawat darurat,  dapat mengantisipasi penderita mengalami kematian atau cacat.  Karena pasien yang menderita Stroke,  akibat terhentinya suplai darah ke otak (penggumpalan darah), dapat diobati dengan obat penghancur gumpalan darah, tetapi masalahnya,  obat tersebut harus diberikan dalam waktu 3 jam setelah terjadi simpton.

Stroke dalam pengobatan Islam dapat di minimalisir kekuatannya hingga kemungkinan dapat disembuhkan tanpa operasi !

—ooOoo—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: