Tidur yang Islami

Tidur  termasuk salah satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Alloh SWT.  Ketika kondisi manusia lelah dan tidak bersemangat,  kemudian beristirahat dengan tidur,  ternyata ketika bangun dari tidur,  manusia kembali merasakan segar bugar,  dan timbul lagi semangat untuk beraktivitas.  Semua itu adalah anugerah dari Alloh SWT.  Di saat tidur,  kita tidak berdaya,  menolak  sesuatu yang akan menimpa dan membahayakan diri kita,  Karena itu wajar kalau sebelum tidur,  kita serahkan diri kita kepada Alloh SWT,

  dan diwaktu bangun tidur kita bersyukur kepada Alloh SWT atas nikmat dan anugerahmya yang begitu besar.

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُم بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”. (Q.S. ar Ruum: 23).

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاساً وَالنَّوْمَ سُبَاتاً وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُوراً

“Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha”. (Q.S. al Furqaan:47).


Tatacara/ Adab Tidur:
1. Berwudlu seperti untuk sholat.
2. Membaca surat Muawidzatain dan membalurkannya keseluruh tubuh dengan kedua telapak tangan.
3. Berbaring ke sebelah kanan.
4. Meletakkan telapak tangan kanan di bawah pipi.
5. Membaca do’a akan tidur.
6. Ketika bangun membaca do’a bangun tidur.



Hadits-hadits tentang cara tidur Rosululloh SAW antara lain:
1. Berdo’a lah ketika akan tidur dan setelah bangun tidur;

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma’il, telah menceritakan kepada kami Abu Awanah, dari Abdul Malik dari Ribi’l dari hudzaifah r.a, dia berkata: “Apabila Nabi Shallallohu ‘Alaihi Wasallam hendak tidur di malam hari, beliau meletakkan tangan kanannya di bawah pipi. kemudian mengucapkan:   “ALLOHUMMA BISMIKA AMUUTU WA AHYA  (dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup). Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan:   “AL HAMDULILLAHILLADZI AHYAANA BA’DA MAA AMATANA WA ILAIHI NUSYUUR  (segala puji bagi Alloh yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).  (H.R.Bukhari, 4:100).

2. Berwudhu-lah sebelum tidur dan tidurlah dengan menghadap Qiblat;

Dari Barra bin ‘Azib r.a, berkata: Rosululloh SAW bersabda: “Apabila kamu datang ke tempat tidur maka berwudhu-lah sebagaimana wudhu-mu untuk shalat, kemudian berbaringlah ke sebelah kanan dan berdo’a-lah; ALLOHUMMA ASLAMTU NAFSI ILAIKA WAFAWWADHTU AMRI ILAIKA WA ALJA’TU ZHAHRI ILAIKA RAHBATAN WA RAGHBATAN ILAIKA LA MALJA’A WALA MANJA MINKA ILLA ILAIKA AMANTU BIKITABIKA ALLADZI ANZALTA WA BINABIYYIKA ALLADZI ARSALTA (Ya Alloh! aku serahkan diriku kepada-Mu dan aku serahkan urusanku pada-Mu, kusandarkan punggungku pada-Mu dengan penuh harap dan cemas, tidak ada tempat bersandar dan tidak ada tempat berlindung dari murka-Mu kecuali kepada-Mu, ku imani Kitab-Mu uang Engkau turunkan dan Nabi yang Engkau utus) Maka jika kamu diwafatkan ketika itu, niscaya kamu mati dalam keadaan fitrah/ suci (Islam); Dan jadikanlah do’a ini ucapanmu yang paling akhir (sebelum tidur)”. (H.R.Bukhari, 4:99).

3. Membaca surat Mu’awwidzatain;

Dari ‘Aisyah r.a, sesungguhnya Rosululloh SAW apabila akan tidur, beliau meniup pada kedua telapak tangannya sambil membaca Al Mu’awwidzat, kemudian mengusap tubuhnya dengan kedua tangannya itu.  (H.R.Bukhari,).


KETERANGAN:

Yang termasuk Al Mu’awwidzat ialah: surat An Nas, Al Falaq, Al Kafirun, dan Al Ikhlas.


—ooOoo–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: